Kloroplas: penangkapan energi cahaya

Kloroplas

Kloroplas adalah suatu anggota terspesialisasi dari famili organel- organel tumbuhan yang berkerabat-dekat yang disebut plastida. Beberapa anggota lain adalah
  • Amiloplas, plastida tak berwarna yang menyimpan pati (amilosa), terutama pada akar dan umbi
  • Kromoplas, plastida yang memiliki pigmen yang menyebabkan buah dan bunga berwarna jingga dan kuning

Kloroplas mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil, serta berbagai enzim dan molekul lain yang berfungsi dalam produksi gula secara fotosintesis. Organel- organel berbentuk lensa ini, yang berukuran sekitar 2 µm X 5 µm, ditemukan di daun dan organ hijau lain pada tumbuhan dan alga.

Kandungan kloroplas dipisahkan dari sitosol oleh selaput yang terdiri dari dua membran yang dipisahkan oleh ruang antarmembran yang sempit. Didalam kloroplas terdapat sistem bermembran lain dalam bentuk kantong- kantong pipih yang saling berhubungan, disebut tilakoid. Di beberapa wilayah, tilakoid ditumpuk seperti koin permainan poker; masing- masing tumpukan disebut grana. Cairan diluar tilakoid disebut stroma, yang mengandung DNA kloroplas dan ribosom serta banyak enzim. Membran kloroplas membagi ruang kloroplas menjadi tiga kompartmen; ruang antar membran, stroma dan ruang tilakoid.

Kloroplas, tempat fotosintesis

Kloroplas bukanlah struktur yang kaku, namun punya prilaku dinamik dalam sel hidup. Bentuk kloroplas bisa berubah; kloroplas pun tumbuh dan terkadang membelah dua, atau bereproduksi. Kloroplas bisa berpindah- pindah dan bersama mitokondria dan organel lain, bergerak berkeliling sel disepanjang lajur- lajur sitoskeleton. Ada empat macam klorofil, yaitu:
  • Klorofil a menyerap spektrum warna hijau-biru
  • Klorofil b menyerap spektrum warna hijau-kuning
  • Klorofil c menyerap spektrum warna hijau- coklat
  • Klorofil d menyerap spektrum warna hijau-merah

Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kloroplas: penangkapan energi cahaya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.